Sabtu, 15 Januari 2011

Optimalkan air flow dalam casing bagian 1


PC kita terkadang luput dari penerapan aliran udara yang baik, padahal kestabilan sistem juga dipengaruhi oleh aliran udara yang baik. Penerapan aliran aliran udara yang baik sebenarnya cukup mudah, tapi kita kurang paham bagaimana mengoptimalkan aliran udara didalam casing.

Pada dasarnya sebuah casing PC telah disediakan optional fan, optional ukuran fan bermacam-macam ada yang berukuran 80mm (8cm), 120mm (12cm), 140mm (14cm) bahkan  200mm (20cm) ukuran tersebut adalah ukuran fan yang umum kita temui, kecuali ukuran 14cm dan 20cm hanya bisa ditemukan pada casing gaming.

Ukuran Fan Pada PC
 Gambar fan yang umum kita temukan.


Fan ini sangat umum ditemukan pada casing standar sekalipun, namun fan hanya mampu mengalirkan udara yang sedikit (tergantung kecepatan putaran fan) 
 
Fan dengan ukuran 120mm ini merupakan fan yang umum kita temui, bahkan bila kita membeli sebuah casing standar, fan ini telah disediakan.

Fan dengan ukuran 140mm ini sudah bisa kita temui namun hanya pada casing gaming. Fan ini juga dijual terpisah namun optinal fan dalam casing apalagi casing standar masih jarang ditemui.

Jenis Fan Pada PC
Pada umumnya fan yang kita temui apalagi fan paketan dari casing standar, hanya berwarna hitam saja. Namun pada beberapa casing gaming fan yang diberikan telah menggunakan LED. Selain berfungsi mengalirkan udara baik udara masuk maupun udara keluar, fan juga bisa  mempercantik tampilan PC kita, dengan ditambahkanya LED pada fan membuat fan lebih full colour. Banyak jenis fan yang beredar dipasaran yang telah menggunakan LED bahkan ada yang menggunakan UV LED.

Gambar Jenis Fan :


Fan yang menggunakan LED


 
Fan yang tidak menggunaka LED


Tata Letak Fan Yang Baik Untuk Mendapatkan Aliran Udara Yang Optimal
Tata letak fan yang tepat mampu menghasilkan aliran udara yang oprimal didalam casing, sehingga suhu didalam casing PC kita mampu terjaga dengan baik, dengan terjaganya suhu didalam casing maka kestabilan sitempun bisa kita dapatkan.

Gambar aliran udara yang baik

Aliran udara pada casing model baru (PSU bawah)


    Aliran udara pada casing model lama (PSU atas)

Pada gambar diatas merupakan aliran udara yang baik dimana panah warna biru adalah udara segar yang dialirkan oleh fan yang berada di depan, sedangkan panah warna merah adalah udara panas dari casing yang dikeluarkan melalui fan pada bagian belakang.

Pada dasarnya aliran udara pada casing yang digunakan baik PSU bawah atau PSU atas adalah sama yaitu udara segar masuk dari fan depan dan udara panas dari dalam casing dikeluarka melalui fan belakang.
Aliran udara pada casing model baru (PSU bawah) lebih baik karena memungkinkan udara panas dari dalam casing juga bisa dikeluarkan melalui fan yang berada di bagian atas casing dengan catatan konfigurasi aliran udara pada cooler prosesor tidak belawanan.  

Untuk mendapatkan aliran udara yang optimal disarankan untuk menggunakan fan dengan ukuran minimal 120mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar